Minggu, 14 Desember 2014

Sejarah Penemuan Sel


KRONOLOGIS SEJARAH PENEMUAN SEL
Sejarah penemuan sel berlangsung sejah abad ke 16 hingga sekarang. Berikut ini adalah kronologis sejarah penemuan Sel dari yang awal hingga sekarang.
1.        Penemuan Mikroskop oleh Antonie van Leeuwenhoek (1632-1723)
Sejarah penemuan sel di awali pada abad ke 16, ketika seorang ilmuwan Belanda bernama Antonie van Leeuwenhoek yang hidup pada 1632–1723 merancang sebuah mikroskop kecil berlensa tunggal. Mikroskop itu digunakan untuk mengamati air rendaman jerami. Ia menemukan organisme yang bergerak-gerak di dalam air, yang kemudian disebut bakteri. Antonie van Leeuwenhoek merupakan orang pertama yang menemukan sel hidup.
2.        Penciptaan istilah Sel oleh Robert Hooke (1635-1703)
Sebutan sel baru terkenal di masa Robert Hooke (1635-1703) yang pada tahun 1665 mengamati sayatan gabus dari batang Quercus suber menggunakan mikroskop. Ia menemukan adanya ruang-ruang kosong yang dibatasi dinding tebal dalam pengamatannya. Robert Hooke menyebut ruang-ruang kosong tersebut dengan istilah cellulae artinya sel. Sel yang ditemukan Robert Hooke merupakan sel-sel gabus yang telah mati. Sejak saat inilah kemudia sebutan sel menjadi terkenal dan di gunakan sebagai istilah dalam ilmu Biologi.
3.        Penemuan Nukleus atau Inti Sel oleh Robert Brown
Pada tahun 1831, Robert Brown seorang ilmuwan Scotlandia melihat benda kecil yang terapung-apung dalam sel saat mengamati struktur sel dari jaringan tanaman anggrek. Benda tersebut kemudian diberi nama inti sel atau nukleus. Berdasarkan analisanya diketahui bahwa inti sel selalu terdapat dalam sel hidup dan berfungsi untuk mengatur segala proses yang terjadi di dalam sel.
4.        Penemuan Protoplasma oleh Felix Durjadin dan Johannes Purkinye
Protoplasma pertama kali di temukan oleh Felix Durjadin pada tahun 1835. Namun saat itu Felix hanya menyebutnya sebagai cairan sel yang dianggap Felix sebagai bagian terpenting sel. Istilah Protoplasma baru di ciptakan oleh Johannes Purkinye untuk menyebut cairan sel yang merupakan bahan mebrional sel telur.
5.        Teori Sel sebagai penyusun tubuh makhluk hidup oleh Schleiden (1804-1881) dan T. Schwann (1810-1882)
Di awal abad 18, sejarah penemuan sel di lanjutkan dengan penelitian dua orang ilmuwan yaitu Schleiden (1804-1881) dan T. Schwann (1810-1882). Masing-masing meneliti sel tumbuhan dan sel hewan. Schleiden mengamati tumbuhan dan menemukan bahwa tubuh tumbuhan tersusun dari banyak sel. Begitu pula Schwann yang mengamati tubuh hewan juga mendapati bahwa tubuh hewan tersusun dari banyak sel. Berdasarkan pengamatannya itu, kedua ilmuwan tersebut kemudian berpendapat bahwa Sel merupakan unit terkecil penyusun tubuh makhluk hidup. Teori ini di sebut juga Teori Struktural Sel
6.        Teori Sel sebagai unit Fungsional makhluk hidup oleh Max Schultze
Max Schultze (1825–1874) menyatakan bahwa protoplasma merupakan dasar fisik kehidupan. Protoplasma bukan hanya bagian struktural sel, tetapi juga merupakan bagian penting sel sebagai tempat berlangsung reaksi-reaksi kimia kehidupan. Berdasarkan hal ini muncullah teori sel yang menyatakan bahwa sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan.
7.        Teori Sel sebagai Unit reproduksi Makhluk Hidup oleh Rudolph Virchow
Rudolph Virchow (1821–1902) berpendapat bahwa sel merupakan unit reproduksi makluk hidup melalui teorinya yang terkenal yaitu: ‘omnis cellula ex cellulae’ (semua sel berasal dari sel sebelumnya). Inilah merupakan dasar dari penemuan sistem perkembangbiakan vegetatif secara Kloning.
Selain nama-nama di atas juga ada juga ilmuwan yang mengamati sel dan menemukan hal-hal baru tentang sel seperti Hanstein yang berpendapat bahwa sel merupakan kantong yang berisi organel, Eduard Strasburger & Walter Fleminggo yang berpendapat bahwa sel sebagai unit reproduksi makhluk hidup, Watson dan Crick (1953) yang menyebutkan bahwa materi genetik diturunkan oleh sel kepada keturunannya dan Lynn Margulis (1981)  yang menemukan bahwa terdapat simbiosis di dalam evolusi sel.

Daftar Pustaka
Septian, Rangga. 2013. Sejarah Penemuan Sel. http://www.jeplax.com/2013/05/sejarah     penemuan-sel-kronologis-sejarah.html (Online), diakses 29 September 2014.
Suparno, Gatot,.dkk. 2012. Kehidupan Tingkat Sel. Surabaya: Unesa University Press

1 komentar:

  1. Artikel ini cukup menarik. Menambah pengetahuan baru mengenai sejarah sains

    BalasHapus